Travel Planning and Safety Tips

No matter what your destinations but it is very important who's your side! HdG Team the best Guide in Garut.

Motif Batik Garut

Motif Batik Garut  ada beberapa macam yang meramaikan Khasanah Batik Indonesia, Garut semakin populer di berbagai sektor sejak CV Hotel di Garut memperkenalkan berbagai potensi baik dari sisi wisata, kerajinan maupun hotel dan penginapan serta evnt unik yang bisa diselenggarakan di Garut dengan pendampingan dari Event Organizer paling berpengalaman di Garut HdG Team Trip Planner & Event Organizer.


Tanggal 22/5/10 lantas saya bertandang ke Bentara Budaya untuk lihat pameran batik Priangan. Pameran ini diadakan hubungan kerja pada Bentara Budaya dengan Komunitas Kajian Antropologi Indonesia (FKAI) serta Yayasan Batik Jawa Barat (YBJB). Maksud pameran ini untuk menghidupkan kembali serta melestarikan kebiasaan seni batik priangan yang ada di ambang kepunahan. Batik priangan yaitu kebiasaan seni kerajinan batik yang tumbuh di daerah pedalaman Jawa Barat dari mulai Cianjur, Sukabumi, tetapi terlebih di Garut, Tasikmalaya serta Ciamis. 

Judul " The Dancing Peacock " di ambil dari salah satu motif kain batik priangan yang paling khas serta termasuk juga motif terindah yang dimaksud " Merak Nibing " berarti " Merak Menari ". Motifnya melukiskan dua ekor burung merak yang cantik, yang tengah berhadap-hadapan sembari meningkatkan bulu ekornya yang berwarna-warni seperti tengah menari. Dalam pameran ini dipamerkan seputar 100 helai kain batik priangan punya beberapa kolektor di Jakarta serta Bandung, Museum Tekstil Jakarta, dan punya beberapa pembatiknya yang masih tetap tersisa di Garut, Tasikmalaya serta Ciamis. 

Yang menarik buat saya yakni ada kain batik yang diberi judul " Ibu Hartini " , Garut (koleksi Nana Affandi), batik ini yaitu batik Indonesia baru, di buat satu kali untuk Ibu Hartini Soekarno hingga di kenal juga sebagai motif Ibu Hartini. Motif Batik Tasikmalaya Macam hias serta warna batik Tasikmalaya memperoleh dampak kuat dari batik Solo serta Yogya, yaitu pada macam hias rereng serta kawung dengan pewarnaan krem, coklat serta hitam. 

Corak flora serta fauna digambarkan dengan cara naturalis serta berwarna cerah yang disebut dampak dari Pekalongan. Beberapa pembatik di Tasikmalaya memakai bermacam warna merah, biru kehijauan serta hitam. Macam hias flora serta fauna yang ada pada batik Tasikmalaya di buat berdasar pada ide batik pesisiran bangbiron, yaitu sistem pewarnaan lewat celupan merah serta biru. Terakhir mereka menggunakan pewarnaan naphtol serta indigosol yang berkesan meriah. 

Hal semacam ini terlihat pada corak kukupu latar batu ngampar serta lepaan kukupu Motif Batik Ciamis Motif batik Ciamis adalah cerminan dari kehidupan sosial budaya sehari-hari yg tidak terlepas dari falsafah hidup serta kebiasaan istiadat orang Sunda. Begitupun dengan tema yang senantiasa sesuai dengan bentuk macam hias maupun object yang digambar. Hal itu yang mengakibatkan pada batik Ciamis tidak sering diketemukan unsur macam hias yang dihubungkan dengan keyakinan spesifik ataupun perlambangan. 

Motif Batik Garut Ada tiga latar belakang pemberian nama pada motif batik Garut. Pertama, hanya berdasar pada deskripsi yang terlihat pada motif itu. Umpamanya rereng surutu lantaran corakya mirip bentuk rokok cerutu, lancah (laba-laba) serta lain sebagainya. Ke-2, penamaan diberikan berdasar pada pengguna pertama atau pemesan motif batik spesifik, umpamanya rereng camat, lantaran adalah pesanan istri camat. Ketiga, penamaan diberikan berdasar pada momen ataupun kehadiran tempat spesifik. 

Umpamanya motif drintin lantaran kehadiran Kebun Binatang di kota Bandung. Drintin datang dari bhs Belanda dieren tuin yang berarti kebun binatang. Begitulah sekelumit cerita perihal batik priangan yang infonya sendiri saya bisa dari lembaran yang diberikan waktu pameran. Ini baru koleksi batik priangan belum lagi koleksi corak, warna batik dari daerah Jawa yang lain serta daerah di Indonesia yang lain. Indonesia memanglah kaya dengan budaya yang butuh dijaga serta dilestarikan.
Share on Google Plus

About Rereongan Peduli

HdG Team Trip Planner, Wedding dan Event Organizer, Pendamping Wisata Garut Terpercaya dan Paling Berpengalaman dibawah naungan CV Hotel di Garut.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar